11 Tips Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

11 Tips Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

Ketika seorang berjilbab, bukan berarti rambut yang tertupi itu tidak perlu dirawat dan dijaga kesehatannya. Seharian mamakai jilbab akan membuat kondisi rambut menjadi lembab dan lengket karena lama dalam keadaan tertutup. Apabila dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan masalah rambut, seperti: rapuh, adanya ketombe, dan gatal pada kulit kepala. Sebelum itu terjadi, maka anda harus tahu tips cara merawat rambut wanita berjilbab.

tips cara merawat rambut wanita berjilbab_wanita berjilbab

Wanita berjilbab bahkan membutuhkan perawatan yang lebih untuk rambutnya sehingga bisa selalu indah berkilau. Meski tidak tampak, bukan berarti rambut dibiarkan begitu saja tanpa cara khusus untuk menanganinya. Nah, inilah 11 tips cara merawat rambut wanita berjilbab:

  1. Pastian rambut dalam keadaan kering

Memastikan rambut berada pada kondisi kering merupakan tips cara merawat rambut wanita berjilbab yang penting untuk anda patuhi. Jika anda ingin mengenakan jilbab, sebaiknya tunggu hingga rambut dalam keadaan kering terlebih dahulu. Langsung mengenakan jilbab ketika rambut masih basah akan membuat rambut menjadi lepek dan memiliki bau tak sedap. Sebaiknya angin-angin kan dulu rambut beberapa waktu dengan membiarkannya tergerai sehingga rambut bisa cepat kering dan setelah itu baru anda bisa memakai jilbab tanpa takut gatal dibagian kulit kepala.

Jika anda memang terburu-buru, usahakan untuk tetap mengeringkannya meskipun harus menggunakan alat pengering rambut. Namun, jangan terlalu sering memakai hairdryer karena efek panasnya dapat membuat rambut menjadi gesang jika dilakukan terus menerus.

  1. Keramas teratur

Jika anda berjilbab, anda harus lebih teratur dalam mencuci rambut karena rambut anda telah tertutup dalam waktu yang lama serta bercampur dengan keringat. Ketika endapan keringat itu tak dipedulikan bisa jadi menimbulkan masalah ketombe dan gatal di kulit kepala. Keramaslah 3 x dalam seminggu supaya rambut selalu segar dan tidak lengket. Jangan lupa, pilih shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut anda atau pun shampoo yang menawarkan solusi dari masalah rambut yang anda alami saat ini.

  1. Gunakan hair tonic

Sesudah keramas, jangan lupa untuk menggunakan hair tonic untuk perawatan rambut selanjutnya. Kesegaran sehabis keramas tak lengkap rasanya jika tak diberikan tambahan nutrisi berupa pemakaian hair tonic yang akana membuat rambut anda menjadi lebih sehat. Penggunaan hair tonic secara teratur setelah keramas akan membuat kebutuhan rambut akan vitamin terpenuhi.

  1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang ketika basah
  Alasan Di Balik Pilihan Mewarnai Rambut Bagi Wanita

Mengikat rambut dalam keadaan masih basah akan membuat rambut menjadi mudah patah dan kusut, jadi sebaiknya tunggu hingga lebih kering. Apabila anda memiliki rambut panjang, tentu anda perlu mengikatnya pula saat mengenakan jilbab. Pastikan ikatan itu tidak terlalu kencang dan membuat rambut menjadi rapuh serta mudah rontok.

tips cara merawat rambut wanita berjilbab_pilih jepit rambut sesuai

Mengikat rambut terlalu kencang baik ketika basah atau pun kering sama saja akan membuat kepala menjadi pusing. Sebaiknya ikat rambut lebih longgar dengan menggunakan jepitan yang membuat rambut tetap nyaman.

  1. Pilih bahan jilbab yang menyerap keringat

Memilih jilbab dengan bahan yang dapat menyerap keringat juga menjadi tips cara merawat rambut wanita berjilbab yang patut untuk dipertimbangkan. Pilihlah jilbab dengan bahan katun atau kaos sehingga dapat menyerap keringat kulit kepala yang berlebih. Hal itu akan sangat membantu anda dalam mencegah rambut lepek serta dapat membuat anda lebih nyaman memakai jilbab dalam waktu yang lama.

Selain bahannya, model jilbab juga harus anda perhatikan agar rambut anda tidak mengalami kerusakan. Pilih jilbab yang tidak terlalu rumit dan bertumpuk-tumpuk yang membuat tidak adanya ruang udara. Jika demikian, tentu akan membuat rambut anda menjadi pengap dan bercampur keringat berlebih.

  1. Hindari pemilihan jilbab warna gelap saat berada di luar ruangan

Apabila anda harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, hindari memakai jilbab dengan warna gelap. Warna gelap akan cepat menyerap panas dibanding warna lainnya, dengan begitu maka produksi keringat kepala yang berlebih tak bisa dihindari sehingga bisa membuat anda tidak nyaman. Sebaiknya pilih jilbab dengan warna yang lembut yang dapat memberikan efek sejuk pada kepala.

  1. Rapikan rambut sebelum dan sesudah berjilbab

Selalu merapikan rambut ketika akan memakai jilbab dan sesudahnya juga menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Dengan melakukannya maka akan membuat rambut anda tertata dan tidak kusut. Jika anda memilki rambut panjang, sebaiknya gunakan sisir yang bergerigi jarang karena rambut panjang biasanya lebih mudah rapuh dan rontok.

Anda juga perlu memperhatikan hal kecil ini ketika sedang menyisir rambut, yaitu jangan menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah karenaa membuat risiko mengalami kerontokan meningkat. Sebaiknya sisirlah sesuia dengan arsiran kepala yang biasanya sudah ada dan menjadi kebiasaan.

  1. Istirahatkan rambut
  10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Mudah

Berada lama terkurung dalam jilbab tentu membuat rambut menjadi tidak bebas dan telah bercampur keringat. Jadi sebaiknya anda perlu membiarkan waktu untuk rambut memulihkan dirinya. Setelah lama tertutup oleh jilbab, biarkan rambut anda tergerai ketika telah berada di dalam kamar. Mengistirahatkan rambut penting, supaya rambut punya waktu untuk bernapas. Dengan membiarkannya tergerai, kelembaban kulit kepala akan berkurang dan rambut menjadi tidak lengket serta bebas ketombe.

  1. Pilih jepit rambut yang sesuai

Pilihlah jepit rambut yang tidak membuat rambut anda sakit atau pun tersiksa. Memilih jepit rambut tak hanya dari keindahannya saja tapi harus lebih memperhatikan kenyamanan. Hindari jepit karet dengan bahan metal atau pun karet gelang yang seringnya membuat rambut mengalami kerontokan. Rontok tak dapat dihindari karena jepit tersebut akan bergesakan dengan rambut dan lantas tertinggal pada jepit itu. Sayang sekali bukan jika rambut harus mengalami kerontokan hanya karena salah memilih penjepit. Sebaiknya gunakan bahan yang lebih lembut dan nyaman untuk rambut serta kulit kepala.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Tak hanya perawatan dari luar, rambut juga memerlukan perawatan dari dalam lewat makanan yang anda konsumsi. Pastikan anda mengkonsumsi berbagai vitamin yang diperlukan tubuh, seperti: vitamin C, B6, B12, dan vitamin E serta makanan bergizi lainnya baik berupa sayuran, buah-buahan, atau pun kacang-kacangan. Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh, namun itu semua juga baik agar rambut anda selalu sehat dan tampak indah alami.

  1. Gunakan bahan alami untuk perawatan rambut

Jangan lupa pula gunakan bahan-bahan alami sebagai masker rambut. Anda dapat menggunakan lidah buaya yang memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menyuburkan rambut. Atau pun dari daun orang-aring untu menghitamkan rambut. Minyak zaitun juga dapat anda jadikan masker rambut yang kaya manfaat, dan juga masih banyak lagi bahan alami lainnya yang bisa anda jadikan perawatan rambut.

Itulah 11 Tips cara merawat rambut wanita berjilbab yang dapat anda terapkan. Meskipun rambut anda tertupi oleh jilbab, bukan berarti kita tidak merawatnya dengan baik. Rambut yang merupakan kebangga kaum wanita juga harus diprioritaskan kesehatan dan keindahannya bukan?

Tags: , , ,

Related to: 11 Tips Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab