Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu

CantikSehatTips.com : Kulit kering merupakan kondisi ketika kulit mengalami kekurangan cairan sehingga daerah lapisan kuliat terluar menjadi tampak kering dan bahkan bersisik. Kulit kering biasanya terjadi pada daerah kulit yang kerap kali terbuka, seperti: tangan, kaki, atau pun wajah. Untuk mengatasi kulit kering yang mengganggu, anda harus melakukan perawan rutin.

Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu_kulit kering

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu

Kulit kering dalam dunia medis disebut dengan xeroderma atau xerosis. Semua orang dapat mengalaminya baik pria maupun wanita. Namun, kondisi seseorang seperti kesehatan, tempat tinggal, dan aktivitasnya di ruang terbuka dapat mempengaruhi timbulnya kulit kering. Kulit kering juga sering dialami oleh orang yang telah lanjut usia. Sebelumnya kita bahas bagaimana cara mengatasi kulit kering yang menggangu sebaiknya cari tahu dulu apa yang menyebabkan seseorang mengalami kulit kering.

Penyebab Kulit Kering

Ada banyak hal yang bisa membuat anda juga menderita kulit kering. Beberapa penyebab yang sering terjadi adalah:

  1. Iritasi

Kulit kering dapat terjadi ketika seseorang mengalami iritasi. Iritasi sendiri dapat disebabkan oleh benda-benda yang sering dipakai, seperti: tidak cocok dengan deterjen, parfum, bahan dari baju yang dipakai, dan masih banyak lagi.

  1. Kebiasaan menggosok kulit

Menggosok kulit biasanya dilakukan untuk membersihkan kulit dari sel-sel mati yang masih menempel, hal itu perlu dilakukan agar kulit bisa lebih cerah dan tidak tampak kusam terutama pada wajah. Namun, cara menggosok yang salah dapat membuat kulit menjadi kering. Gosokan yang kasar juga dapat merusak jaringan kulit. Menggosok kulit sebaiknya dilakukan dengan lembut dan pelan serta pada kurun waktu tertentu.

  1. Pertambahan usia

Semakin bertambahnya usia, maka kondisi kulit akan menipis dan jadi lebih kering. Hal itu karena berkurangnya produksi hormon oleh tubuh, termasuk hormon yang berkaitan dengan kulit.

  1. Pemakian sabun yang tidak sesuai

Pemakaian sabun yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit bisa berakibat kulit kering. Hal itu karena sabun dapat mengikis pelembab alami yang alami yang ada di kulit. Pemakaian sabun secara berlebihan dan sering juga dapat mengakibatkan kulit mengalami kekeringan.

  1. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga dapat membuat kulit menjadi kering. Biasanya semakin dingin cuaca, akan membuat kelembaban udara semakin rendah. Berada di ruangan ber-AC dengan intensitas yang tinggi juga akan membuat kulit menjadi kering.

  1. Mandi uap
  Cara Efektif Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah

Mandi uap juga dapt membuat kulit menjadi kering. Terkadang mandi uap memang diperlukan untuk bersantai sehingga pikiran akan lebih tenang dan nyaman. Namun, jika terlalu sering dapat menyebabkan minyak alami di kulit menjadi kering.

  1. Kondisi kesehatan

Seseorang yang menderita penyakit tertentu juga dapat mengalami kulit kering. Ketika seseorang mengalami gejala kulit kemerahan serta bersisik bisa saja terjadi karena adanya penyakit tertentu. Misalnya saja yang dialami oleh penderita diabetes dengan kelenjar tiroidnya yang tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga berakibat kulit mengalami ruam merah dan bersisik.

Cara mengatasi kulit kering

Memiliki kulit kering terutama di wajah pasti akan sangat mengganggu. Dengan kulit kering yang juga mengalami pengelupasan tentunya akan membuat anda tidak bebas dalam menggunakan kosmetik karena akan terlihat tidak sempurna. Nah, berikut ini cara jitu dalam mengatasi kulit kering yang mengganggu hari-hari anda selama ini:

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih secara cukup bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga akan membuat kulit tetap lembab dan tidak mudah mengalami kekeringan. Air akan membuat kelembaban kulit anda terjaga dari dalam sehingga dapat menjadi cara untuk mengatasi kulit kering yang mengganggu. Sistem metabolisme pun juga akan terjaga dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter setiap harinya.

Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu_air putih

  1. Gunakan krim wajah

Menjaga kelembaban kulit dapat anda lakukan dengan menggunakan krim wajah. Hindari produk yang mengandung AHA, pewangi, dan alkohol jika anda memiliki kulit sensitif. Krim dengan kandungan asam laktat, gliserin, she buteer, dan seramid dapat membuat kulit anda menjadi lebih lembab.

 

  1. Jangan biarkan kulit terpapar sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung dapat merusak dan membuat kulit menjadi kering, karena itulah sebaiknya anda tidak berada di tempat terbuka di jam ketika matahari tepat berada di atas kepala. Ketika hendak keluar rumah, jangan lupa gunakan pelindung yang akan menjaga anda untuk tidak terkena matahari secara langsung.

  1. Gunakan tabir surya

Selain menggunakan busana yang tertutup ketika berada di luar ruangan, sebaiknya anda juga memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pakailah tabir surya dengan minimal 30 SPF yang akan membuat kulit anda lebih terlindungi.

  Manfaat Ajaib Buah Tomat untuk Kecantikan Kulitmu

Produk tabir surya seringnya juga mengandung pelembab yang akan membuat kulit anda selalu lembut dan terhindar dari masalah kulit kering. Jika anda menggunakan tabir surya, itu juga akan melindungi kulit dari masalah jangka panjang yang ditimbulkan dari sinar ultraviolet, seperti: flek hitam, garis halus, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

  1. Hindari menggunakan make up berlebihan

Kulit akan tertutupi oleh tumpukan kotoran sisa make up yang dapat membuat pori-pori membesar jika tidak segera dibersihkan. Sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan make up tebal karena akam membuat kulit menanggung beban yang berat dan dapat menjadi faktor timbulnya masalah kulit seperti kulit kering. Jangan lupa untuk membersihkan kulit sehabis make up agar kelembaban kulit selalu terjaga.

Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu_Make up Berlebihan

  1. Pilih sabun yang sesuai

Pemilihan sabun yang sesuai dapat menjadi cara ampuh untuk mengatasi kulit kering yang mengganggu penampilan anda. Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki pH 5,5 untuk kulit wajah. Tidak perlu menggunakan produk dengan pewangi atau pun alkohol. Gunakalah sabun yang mengandung pelembab.

Yang perlu anda ingat pula, jangan berlebihan dan terlalu sering dalam pemakaian sabun. Setelah anda mencuci muka bilaslah dengan air. Kemudian keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya secara pelan. Jika anda menggunakan handuk, jangan menggosokkan handuk terlalu keras karena dapat membuat kulit kasar dan kering. Sebaiknya tempel-tempelkan handuk ke wajah secara pelan.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Anda juga bisa mengatasi kulit kering lewat makanan yang anda konsumsi. Anda perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi supaya dapat mengembalikan kelembaban alami yang dimiliki kulit. Selalu pastikan untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Jangan lupa pula dengan makanan yang mengandung omega 3, seperti: kacang walnut, ikan salmon, dsb. Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh maka hormon yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dapat diproduksi dengan baik.

Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu_Makanan bernutrisi

Nah, itulah beberapa penyebab kulit kering dan cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengatasinya. Bagaimanapun, kulit juga sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Sayangi kulit anda dengan selalu memperhatikan kondisi dan keadaan kulit serta tahu apa yang tepat dan terbaik untuk kulit anda.

Tags: , ,

Related to: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mengganggu